Pengumuman : Implementasi Tahap I Pemeriksaan Quota Secara Elektronik pada Sistem INSW

Implementasi Tahap I Pemeriksaan Quota Secara Elektronik pada Sistem INSW

Sehubungan dengan upaya meningkatkan pengawasan atas komoditi impor yang wajib memenuhi ketentuan larangan dan pembatasan, dengan ini diberitahukan kepada para importir dan PPJK, bahwa terhitung tanggal 19 November 2012 Portal NSW akan mengimplementasikan pemeriksaaan quota perijinan secara elektronik atas perijinan tertentu yang disampaikan melalui sistem INSW.

Pemberlakukan pemeriksaan quota perijinan akan diberlakukan terhadap perijinan impor yang diterbitkan oleh instansi terkait mulai dari tanggal 19 November 2012.

Hal yang perlu diperhatikan terhadap implementasi fitur ini adalah pentingnya memperhatikan keseragaman kode satuan yang tercantum pada data perijinan elektronik dengan kode satuan yang disampaikan pada Pemberitahuan Impor Barang (PIB).

Apabila satuan yang digunakan di PIB tidak sesuai dengan satuan yang disampaikan di dalam perijinan maka Portal NSW akan menerbitkan respon penolakan (reject) terhadap dokumen PIB yang dikirim tersebut.

Sebagai contoh,  satuan yang dicantumkan di perijinan adalah Kilogram (KGM), satuan yang disampaikan di PIB untuk kode HS yang sama adalah Meter (MTR) maupun  terhadap satuan dalam kelompok satuan berat lainnya seperti Gram (GRM) atau Metrik ton (TNE), maka PIB akan ditolak.

Adapun penerapan pemeriksaan  quota akan dilakukan pada tahap awal ini adalah terhap perijinan impor sebagai berikut:

  1. IP Tekstil,
  2. IP Prekursor non Farmasi,
  3. IP Garam Iodisasi dan
  4. SPI Bahan Berbahaya.

Penjelasan lebih lanjut dapat dilakukan via email : info@insw.go.id

Komentar ditutup.

  • My Musics Store 1

  • My Musics Store 2

  • My Musics Store 3

  • Area Permainan (Games Offline) :